Cara Membuat Resep Sate Padang Asli Paling Enak Super Empuk

Resep Sate Padang Asli Paling Enak – Sate memang salah satu makanan kegemaran orang indonesia bahkan saat ini telah mulai dikenal dan populer sebagai makanan khas Indonesia diberbagai negara eropa dan negara-negara lainnya. Resep sate memang sangat banyak sekali dijumpai karena meman jenis masakan ini adalah masakan tradisional yang telah lama dimiliki dan wariskan oleh generasi pendahulu orang indonesia.

resep kuah sate padang sederhana nikmat
Sate daging sapi khas padang


Dan kali ini kita akan membagikan salah satu resep sate khas padang yang memiliki citarasa nikmat dengan bumbu saus yang khas dari padang dan pasinya membuat semua orang ketagian jika memakannya. Bahkan untuk cara membuat sate padang asli juga termasuk tidak begitu sulit alias cukup mudah. Sate padang memang ada bebara jenis misalnya sate padang khas padang panjang, sate padang asli ala pariaman dan lainnya. Sebagai salah satu daerah yang paling terkenal resep masakannya, padang merupakan salah satu kota rujukan bagi pecinta makanan tradisional untuk menggali berbagai resep masakan yang enak. Selain itu padang juga sangat dikenal dengan rumah makan padang yang menyajikan berbagai menu masakan tradisional daerah padang dengan citarasa nikmat dan menggoda selera.

Cara Membuat Sate Padang Daging Sapi Paling Enak Asli Khas Padang


Sebelum kita membuat sate padang maka terlebih dahulu kita akan menyiapkan beberapa bahan serta bumbu sate padang yang diperlukan, dan dapat dilihat daftarnya dibawah.

A . Bumbu sate padang yang dihaluskan:

  1. Merica bulat 1 sendok teh
  2. Jahe 2 cm, dicingcang
  3. Lengkuas 2 cm, dicincang juga.
  4. Jintan sangrai 1 sendok teh
  5. Bawang merah 10 butir
  6. Cabai merah 10 buah
  7. Ketumbar sangrai 2 sendok makan
  8. Kunyit 1 sendok makan, dicingcang

B . Bahan Bumbu Sate Padang :

  1. Air sebanyak yang dibutuhkan
  2. Tepung beras, 50 gram
  3. Garam seperlunya sesuai selera
  4. Serai 1 batang, dimemarkan
  5. Asam kandis cuku 2 potong saja
  6. Daun jeruk purut 4 lembar, pilih yang masih segar
  7. Daging sapi sandung lamur / lidah, 1 kg

Cara Membuat Sate Padang Asli Spesial Paling Enak


  1. Jika beberapa resep sate lainnya dibuat dengan langsung dibakar, maka pembutana sate padang asli ini dengan cara yang berbeda, dimana yang dilakukan adalah merebus daging sapi yang akan digunakan untuk bahan sate hingga benar-benar empuk. Rebus dengan semua bumbu halus yang telah disiapkan. Dan untuk tepung beras jangan dimasukkan dulu.
  2. Setelah dagingnya matang dan empuk maka angkat dagingnya, namun kuah sisa untuk merebus daging jangan dibuang.
  3. Selanjutny kita akan mulai memotong daging sapi dengan potongan sesuai selera. dan tusuk dengan tusuk sate sesuai selera. Namun jangan kebesaran dan jangan pula kekecilan dan sisihkan kedalam wadah.
  4. Selanjutnya barulah kita bakar sate dengan menggunakan bara api sambil olesi daging sate dengan minyak goreng dan bakar hingga matang dan jangan lupa sering dibolak-balik agar tidak gosong dan daging sate terpanggang dengan rata.


Membuat Saus Sate Atau Kuah Sate Padang Yang Enak:


  1. Selanjutnya kita akan akan membuat kuah sate khas padang yang membuat sate lebih nikmat saat disantap. Berikut cara pembuatanya.
  2. Untuk membuat saus atau kuah sate padang asli maka kita akan menggunakan sisa kuah yang tadi telah digunakan untuk merebus daging sapi.
  3. Rebus kembali kuah tadi hingga mendidih, namun kuah yang akan digunakan sebagai saus sate hanya sekitar 500 ml saja.
  4. Setelah mendidih maka segera tambahkan tepung beras yang tadi telah dipersiapkan, aduk hingga rata dan menjadi saus sate  yang kental.
  5. Angkat dan saus siap dihidangkan dengan sate yang selesai dibakar tadi.

Lihat juga gambar gaya penyajian sate padang asli seperti dibawah ini:












Cara penyajian yang bagus adalah dengan meletakkan sate diatas piring baru kemudian kita siramkan saus atau kuah sate tadi keatas daging sate. Jika perlu taburi degan bawang goreng yang agar lebih gurih dan menambah aroma nikmat mengugah selera. Dan untuk menambahkan rasa pedas bagi yang suka rasa pedas maka bisa menambahkan sambal yang pedas sesuai selera.

Disinilah rahasia sate padang yang empuk, lezat dan gurih karena cara pembuatannya dengan direbus terlebih dahulu hingga bumbu rempah dapat meresap kedalam daging. Sate padang asli memiliki citarasa yang lembut, ampuk, serta bumbu yang meresap kedalam daging sehingga sate ini sangat lezat.

Silahkan berkomentar jika memang info resep sate padang ini bermanfaat buat para pembaca, atau jika ada yang ingin pesen resep terbaru maka silakan tulis di kolom komentar yang tersedia. Maka kami akan sebisa mungkin menyediakan resep bagi anda.

Terimakasih telah menyimak resep-resep masakan lezat dari resepabi.blogspot.com ini. Lihat juga info resep lainnya seperti yang satu ini: 

Artikel Terkait

Cara Membuat Resep Sate Padang Asli Paling Enak Super Empuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email