Resep Soto Daging Sapi Spesial Nikmat Dan Segar

Resep Soto Daging Sapi Spesial Paling Nikmat – Ditanah air kita memang sangat kaya akan ragam masakan kuliner yang menggugah selera seperti salah satunya yang akan kita bahas ini yaitu Resep Soto Daging dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya.

cara membuat resep soto daging sapi jawa tengah
Resep soto daging Spesial

Beberapa daerah yang dikenal dengan masakan khas soto daging adalah seperti Solo, Lamongan Sukaharja dan sebenarnya maih ada lagi daerah lain. Mengingat soto adalah salah satu makanan khas kegemaran masyarakat banyak dan sangat populer karena citarasanya yang khas masing-masing dimiliki oleh daerah tertentu. Dan ini juga membuktikan bahwa di negeri kita memang sangat kaya akan koleksi kuliner yang enak untuk disantap.

Soto daging sapi memiliki kandungan nilai gizi yang baik untuk tubuh karena terdiri dari bahan-bahan daging, rempah dan sayuran segar. Sehingga selain mengenyangkan juga dapat menambah kesehatan tubuh bagi yang memakannya.

Cara Membuat Soto Daging Sapi Spesial Simpel Dan Dengan Hasil Memuaskan


Resep soto sebagian ada yang menggunakan santan dan sebagian ada yang tidak menggunakan santan sebagai salah satu bahan pelengkapnya. Dan pada ulasan yang sebelumnya juga telah kami bagikan info tentang resp soto bening yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya, dengan citarasa yang segar, nikmat dan gurih.

Pada ulasan kali ini memang khusus akan membahas tentang resep Soto Daging sapi dengan citarasa yang sangat menggoda selera. Sehingga bagi para pembaca yang ingin mencicipi resep masakan soto daging terkenal seperi soto daging sapi solo maka tidak perlu dtang kesolo jika hanya ingin mencicipi nikmatnya masakan tradisional yang lezat ini.

Untuk membuat soto daging kita hanya perlu menyiapkan bahan-bahan serta bumbu dan juga perlengkapan sendiri dirumah bahkan bisa dengan keluarga agar lebih seru, apalagi untuk mengii hari libur akan sangat bagus karena selain menghemat pengeluaran dsripada berlibur dutempat lain yang pastinya akan memakan biaya yang lebih besar.

Pertama kali akan kita siapkan bahan beberapa bumbu dan juga bahan soto daging yang aka kiat buat, maka silahkan lihat daftar bahan serta bumbunya dibawah ini.

Bumbu utama Soto Daging Sapi:

  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Gula jawa secukupnya, dapat diganti dengan gula pasir
  • ½ kg daging sapi paha
  • Garam
  • Jahe kira-kira 2 cm
  • 9 siung bawang putih yang masih segar
  • 2 siung bawang merah segar 

Bumbu dan Bahan Pelengkapnya:

  • Bawang goreng garing
  • Daun seledri, diiris kecil secukupnya
  • Kubis dirajang lembut secukupnya
  • Tauge secukupnya, rendam dengan air panas lalu tiriskan

Cara Memasak Soto Daging Sapi Spesial:

  1. Perama kali pisahkan daging dengan tulangnya.
  2. Rebus tulang sapi dengan air kira-kira sebanyak 5 liter hingga mendidih atau sekitar setengan jam.
  3. Haluskan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, jahe serta tambahkan merica halus secukupnya.
  4. Selanjutnya rebus daging sapi bersama dengan tulang sapi tadi bersamaan masukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan api besar hinga daging matang, kurang lebih satu jam.
  5. Tambahkan Garam secukupnya, dan lanjutkan memasak daging tersebut dengan api sedang kira-kira setengah jam saja hingga daging sapi benar-benar empuk. 
  6. Angkat daging yang sudah empuk sapi kemudian potong daging kecil-kecil atau sesuai selera.
    Jangan lupa untuk mencicipi rasa dari daging atau kuah yang dimasak tadi, sehingga jika masih terasa kurang asin maka dapat menambahkan garam secukupnya.
  7. Sampai disini proses memasak soto daging sapi spesial telah selesai dan saatnya dihidangkan.

Setelah selesai dalam proses pembuatan soto daging sapi spesial tadi, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan soto untuk dihidangkan. Ada bebrapa hal yang perlu diperhatikan sata menghidangkan soto ataupun masakan lainnya agar para penyantap lebih berselera dengan tema sajian yang kita buat.

Sajikan soto daging dengan menggunakan tempat atau mangkuk penyajian sesuai selera, masukkan nasi terlebih dahulu jika menghendakinya, masukkan irisan kol, irisan daging dan kemudian tambahkan irisna seledri serta taburi dengan bawang goreng agar lebih menggugah selera dan baru setelah itu kita siramkan kuah soto diatasnya. O iya jika suka juga dapat menambahkan irisan tomat segar untuk membuat tampilan penyajian makin cantik. Soto siap disajikan dan dapat disantap bersama keluarga.

Kumpulan Gambar Penyajian Soto Daging spesial:




Itulah tadi cara membuat soto daging sapi spesial dengan citarasa yang nikmat dan segar karena menggunakan paduan bumbu rempah yang khas dan sangat menggugah selera. Simak juga ulasan menarik lainnya tentang resep dibawah ini:

Artikel Terkait

Resep Soto Daging Sapi Spesial Nikmat Dan Segar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email